height="1" width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=173837628134783&ev=PageView&noscript=1" />
Study Hard or Go Home

30 Informasi Dasar tentang Kampung Inggris Pare Kediri 2023

Baru pertama kali dengar Kampung Inggris Pare? berikut informasi dasar yang bisa anda jadikan sebagai panduan dalam memahami apa itu Kampung Inggris Pare, sebuah kampung yang berada di kecamatan Pare, kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Bagi orang-orang yang belum pernah ke kampung inggris, ada banyak hal yang belum mereka ketahui, dan ada juga beberapa kasus dimana mareka salah paham karena mendengar rumor yang tidak jelas, dan akhirnya kaget saat tiba.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan informasi dasar dan fakta tentang kampung inggris pare, sehingga teman-teman tahu apa itu kampung inggris yang sebenarnya.

1. Perintis kampung inggris pare adalah Mr. Kalend Osen

Lebih akrab dipanggil Mr. Kalend.Pria kelahiran 4 februari 1945 ini merupakan salah seorang santri Gontor yang menjadi pelopor sejarah berdirinya Kampung Inggris dengan membuka Basic English Course (BEC) yaitu pelopor kursusan bahasa Inggris yang pertama berdiri di Kampung Inggris.

2. Kampung Inggris Pare sudah ada sejak tahun 1977

Beroperasinya Basic English Course (BEC) sebagai perintis Kampung Inggris pada tahun 1977 dijadikan sebagai tahun awal berdirinya Kampung Inggris.

3. Kampung Inggris tidak buka cabang

Istilah atau sebutan Kampung Inggris juga ditemui di beberapa wilayah di Indonesia. TAPI faktanya, Kampung Inggris merupakan aset warga Kabupaten Kediri yang tidak bisa dipindahkan atau dicabangkan. Apabila masih ditemui Istilah atau merek Kampung Inggris di daerah lain, sudah bisa dipastikan bahwa mereka terinspirasi dari Kampung Inggris yang berada di Pare.

4. Kampung Inggris berada di dua desa

Wilayah Kampung inggris pare merupakan nama panggilan dari gabungan Desa Tulungrejo dan Pelem yang ada di kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

5. Kampung tapi serba modern

Meskipun disebut “Kampung”, namun Kampung Inggris Pare memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti fasilitas Kesehatan, Bank/ATM, tempat Wisata, Toko Buku, Cafe, Agen Travel, Gym, Studio Photo, dan masih banyak lagi.

6 .Kampung Inggris merupakan wilayah wisata edukasi

Ditandai dengan keramah-tamahan penduduk asli Kampung Inggris yang menyambut kedatangan para siswa dari seluruh penjuru nusantara.  Beberapa fasilitas juga disesuaikan dengan kebutuhan belajar para siswa tersebut seperti asrama, toko buku, percetakan, dan ruang terbuka pendidikan yang memiliki akses wifi gratis. Meskipun mereka menggunakan bahasa jawa dan bahasa indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari, tapi sebagian besar yang terlibat pada proses pendidikan bahasa Inggris Kampung Inggris, khususnya di luar kelas, sebagian besar menggunakan bahasa inggris seperti penjual bakso, penjual pentol, penjual batagor, dll.

7. Kampung Inggris memiliki ratusan lembaga kursus

Seperti yang tercatat di Forum Kampung Bahasa (FKB) – forum lembaga kursus yang berdiri di Kampung Inggris, terdapat lebih dari 150 lembaga kursus bahasa asing yang berdiri di Kampung Inggris.

8. Tidak hanya bahasa Inggris

Sebagian besar memang menawarkan program pendidikan bahasa Inggris dan sebagian lainnya bahasa Arab, Mandarin, Jepang, Jerman, dan bahasa Prancis.

9. Lebih dari +6000 pendatang setiap bulan

Hal ini wajar karena Kampung Inggris sudah dikenal mencetak generasi bangsa yang cakap berbahasa asing. Misalnya, ACCESS-ES yang telah memiliki +86.756 Alumni sejak berdiri tahun 2006. Menurut laporan dari kantor desa, jumlah Pelajar di kampung inggris pare mencapai 6.000 orang yang terus berganti (datang dan pergi) tiap bulannya.

10. Kampung Inggris didominasi oleh pendatang

Sekitar 70% orang yang ada di kampung inggris adalah pendatang/pelajar dari bergabai kota di indonesia dan bahkan beberapa diantaranya berasal dari luar negeri.

11. Akses Transportasi Mudah

Kampung Inggris pare bisa dijangkau menggunakan Bus, Kereta Api dan Pesawat. Tetapi Anda akan membutuhkan jasa penjemputan di Terminal Kediri, Stasiun Kediri, atau Bandara Juanda Surabaya.

12. Cocok Bagi Pemula

Kampung Inggris adalah tempat ideal bagi pemula. Banyak pelajar yang datang dengan kemampuan bahasa inggris yang masih dasar dan memiliki kesempatan yang sama untuk mahir bahasa Inggris apabila mengikuti program belajar intensif. Salah satu program belajar bahasa Inggris intensif yang bisa diikuti adalah Fullday Camp 3 Bulan.

13. Pendaftaran 2x setiap bulan

Kegiatan belajar dimulai pada pada tanggal 10 dan 25 tiap bulannya dan aktif pada hari Senin – Jumat, Sabtu kadang ada kelas tambahan, dan Minggu libur. (Pendaftaran direkomendasikan minimal 1 minggu sebelum kelas dimulai)

14. Banyak pilihan durasi belajar

Durasi waktu belajar yang disediakan oleh lembaga kursus dalam 1 Priode biasanya 2 Minggu, 1 Bulan, 3 Bulan dan 6 Bulan.

15. Belajar Bahasa Inggris Intensif

Frekuensi belajar bahasa inggris adalah 3 – 6 kali pertemuan per hari bagi pelajar yang mengambil Paket Kelas.

16. Tersedia Asrama dan Non-Asrama

Tempat tinggal terbagi menjadi 2 tipe yaitu Asrama English Area dan Non Asrama (kost biasa).  Asrama English Area mewajibkan menggunakan bahasa inggris 24 jam dan memiliki tutor/pengajar pendamping yang membantu efektifitas belajar bahasa Inggris. Sedangkan Non Asrama hanya tempat tinggal tanpa fasilitas khusus.

17 . Standar kapasitas kamar Asrama English Area

Asrama English Area adalah 1 kamar diisi 3 – 4 orang, kamar mandi di luar. Kamar dilengkapi dengan kasur, bantal dan lemari. (TIDAK ADA ASRAMA ENGLISH AREA 1 KAMAR 1 ORANG)

18. Standar kapasitas kamar Non Asrama

Atau bisa juga disebut kost biasa dengan kapasitas sebagai berikut; 1 kamar diisi 2 – 4 orang. Apabila kamu ingin 1 kamar 1 orang, maka harus booking 1 kamar tetapi harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

19. Biaya Non Asrama (kost biasa) dihitung per orang

Tidak seperti pada umumnya, biaya kost yang dihitung per kamar. Jadi bila disebutkan bahwa biaya Kost Rp. 150.000 per bulan maka artinya biaya kost Rp. 150.000 per bulan untuk 1 orang pada kamar yang diisi 2 – 4 orang. Jika satu kamar diisi oleh 2 orang, maka yang harus dibayar untuk 1 orang adalah 2 x Rp.150.000 = Rp.300.000 .

20. Kuota Kelas Terbatas

Jumlah pelajar dalam satu kelas terdiri dari 5 – 25 orang per kelas (tergantung kebijakan lembaga kursus dan berapa orang yang daftar kelas tersebut). Ketentuan ini diberlakukan untuk menjaga kualitas pendidikan bahasa Inggris di Kampung Inggris

21. Tersedia Tempat Ibadah untuk semua agama

Tempat Ibadah yang tersedia cukup lengkap. Ada banyak Masjid maupun mushola di setiap jalan di Kampung Inggris. Gereja Kristen Protestan (sekitar 1 km dari office ACCESS ES), Gereja Katolik (sekitar 2 km dari office ACCESS ES), Pura Hindu (sekitar 5 km dari office ACCESS ES) dan Budha (20 km dari office ACCESS ES)

22.  Fasilitas Bank

Fasilitas Bank atau ATM cukup lengkap, ada Mandiri, BCA, Bank Jatim, BRI, BNI, CIMB Niaga, Muamalat, Danamon, BSM dan Mega.

23. Lingkungan Pendidikan

Wilayah Kampung Inggris tertata cukup rapi dan ada banyak warung makan, kost biasa dan kost english area, cafe, Laundry, Warnet, jual pulsa, Travel agent, rental mobil, motor, sepeda, dll.

24. Alat transportasi favorit adalah sepeda

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, Sepeda merupakan alat transfortasi terfavorit bagi pelajar yang bisa disewa dengan harga 50.000 hingga 100.000 per bulan (tergantung kualitas sepeda).

25.  Bersertifikat SK-Diknas

Semua lembaga kursus di Kampung Inggris menyediakan sertifikat bagi para pelajarnya, minimalnya memiliki lisensi Dinas Pendikan dari Kabupaten Kediri.

26. Semua bisa belajar di Kampung Inggris

Tanpa melihat latar belakang pendidikan, Pelajar dengan tingkat pendidikan SD, SMP, SMA S1, S2, S3 ATAU Pelajar dari berbagai macam kota dan Budaya yang ada di indonesia seperti Jawa, Sunda, Jakarta, Makassar, Kalimantan, Bali ATAU bahkan dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dll. Bisa anda jumpai di kampung inggris pare.

27. Lebih cepat menguasai bahasa Inggris

Orang yang belajar di kampung inggris pare bisa menguasai bahasa inggris 10x lebih cepat (atau bahkan lebih) dibandingkan orang yang belajar di tempat lain.

28. Pendiri lembaga kursus

Pendiri lembaga kursus di kampung inggris hampir semuanya berasal dari luar daerah pare (bukan penduduk asli pare) seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan daerah lainnya yang dulunya merupakan alumni lembaga kursus yang lebih dulu eksis di Kampung Inggris.

29. Berkomunikasi menggunakan bahasa inggris

Di kampung inggris, berkomunikasi menggunakan bahasa inggris merupakan hal yang wajar karena banyak pelajar yang melatih kemampuan bahasa inggris mereka di luar kelas dengan cara membiasakan diri berbahasa inggris dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

30. Belajar di luar Kelas

Kelas bahasa inggris tidak hanya dilakukan di dalam ruangan saja, tetapi juga diluar ruangan seperti teras, pinggir jalan, rumah-rumah kecil pinggir sawah, di warung makan atau cafe, dan tempat menarik lainnya.

Kamu mungkin menyukai

Pilihan Kelas

Belum ada Kelas di Pilihan Kelas Kamu.

Yuk, Pilih Kelas

ACCESS-ES

Selamat datang di ACCESS-ES Kami siap bikin Kamu mahir bahasa Inggris

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu

Lakukan Pendaftaran via WhatsApp

Silakan isi kolom dibawah ini untuk melakukan pendaftaran