0354-399925 “Senin - Jumat, Jam 7.00 - 21.00”      082-133-060606.

“Kampung Inggris” Destinasi para pemburu Bahasa Inggris

Last Updated on May 28, 2018.    0 Comment
Kampung Inggris Destinasi para pemburu Bahasa Inggris

Terletak di Desa Tulungrejo, dan Desa Palem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tidak membuat desa ini sama dengan desa-desa pada umumnya.

Meskipun jauh dari hiruk-pikuk suasana kota, namun desa satu ini menjadi berbeda, karena di desa ini kita akan menemui sejumlah para pemburu beasiswa belajar untuk bisa memenuhi hasrat untuk melanjutkan studynya di dalam bahkan di luar negeri. Di desa ini kita juga akan menemui sejumlah orang berkunjung untuk bisa memenuhi panggilan perusahaan menaiki tangga karier yang lebih tinggi.

Disini, kita juga menemui para pengajar-pengajar dari berbagai daerah untuk memenuhi tuntutan dan tantangan globalisasi yang menuntut para pengajar untuk mampu berbahasa inggris. Tidak hanya orang-orang dewasa, disini kita juga akan menemui anak-anak kecil yang juga tidak mau kalah, mereka ingin mengasah kemampuan bahasa inggrisnya sejak dini.

Menjadi destinasi para pemburu bahasa inggris, tidak salah akhirnya kedua desa ini dijuluki dengan sebutan “Kampung Inggris”, meskipun kita tidak menemui para bule-bule yang berkeliaran kesana kemari, tapi kita akan menemui sejumlah orang dari berbagai kalangan datang dengan tujuan yang sama yaitu bahasa Inggris.

Menurut data dari kantor desa, jumlah Pelajar di Kampung Inggris pare mencapai 5.000 orang yang terus berganti (datang dan pergi) tiap bulannya dan ini merupakan jumlah yang fantastis untuk ukuran desa yang terus didatangi para “pelancong”.

Terkenal dengan sistem pembelajaran yang menarik dan kreatif membuat Kampung Inggris semakin diminati oleh para pelajar dari seluruh penjuru nusantara, bukan hanya dari Indonesia, para pelajar dari luar negeri seperti Thailand, Timor Leste, Malaysia dan lainnya juga menjadikan tempat ini sebagai wadah belajar bahasa Inggris.

Melihat banyaknya peminat para pelajar untuk belajar ditempat ini, membuat lembaga-lembaga kursusan juga semakin menjamur. Kampung Inggris juga dikenal dengan pusat pendidikan bahasa Inggris terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 lembaga kursus.

Semua lembaga kursus ini memiliki ciri dan keunikan masing-masing dalam proses belajar- mengajar yang diterapkan, sesuai dengan kebutuhan para siswanya.

  • Pengajaran dilakukan tidak hanya di dalam kelas, namun hampir semua lembaga melakukan proses belajar mengajar juga di luar kelas, seperti diteras, di cafe dan kadang kala para siswa diajak untuk melakukan interaksi dengan para pelajar lainnya di luar kursusan mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi dalam menggunakan bahasa Inggris.
  • Belajar efektif menjadi salah satu tujuan dari setiap kursusan, karena para pelajar pada umumnya tinggal ditempat ini hanya dalam waktu singkat. Kelas yang akan diikuti dalam satu hari bisa mulai lima kelas hingga tujuh kelas per hari sesuai dengan kebutuhan. Hal inilah yang membuat para pelajar yang datang ke Kampung Inggris 5 kali lebih cepat bisa berbahasa Inggris dari pada belajar di tempat lain. Camp “Wajib bahasa Inggris” juga menjadi penunjang yang sangat besar dalam melatih diri untuk menggunakan bahasa Inggris dengan baik.
  • Setiap kursusan juga mempunyai keunggulan masing-masing dalam program yang ditawarkan, misalnya tujuan belajar adalah untuk kuliah di luar negeri dan membutuhkan program ILTS maka akan ada beberapa kursusan yang memang fokus pembelajarannya adalah ILTS, atau ingin meningkatkan skill dalam speaking maka akan ada juga beberapa kursusan yang fokus pembelajarannya adalah speaking. Hal ini membantu para pelajar yang datang dapat dengan mudah menentukan tempat kursusan yang ingin dituju sesuai dengan kebutuhan urgent yang ingin dikejar dalam waktu singkat.

Para pelajar yang datang ke kampung Inggris juga memiliki latar belakang kemampuan bahasa yang berbeda, jadi kita tidak perlu khawatir meskipun kita masih dalam tahap pemula, maka kita juga akan dibimbing dari dasar.

Biasanya dalam penentuan kelas, kursusan akan melakukan placement test untuk mengetahui tingkat kemampuan kita apakah masih level basic, intermediate atau advanced.

Ditulis oleh Damai Purba, Pelajar di ACCESS-ES Kampung Inggris.

Leave a Comment